IKLAN

Konversi Utang, BUMI Terbitkan Right Issue Rp 35 Triliun

Beberapa Perusahaan yang Berencana Terbitkan Right Issue 2017

Sumber : Bursa Efek Indonesia (BEI), PT, 2017

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

9/2/2017, 14.45 WIB

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berencana menerbitkan right issue (hak Memesan efek terlebih dahulu) senilai Rp 35,1 triliun. Penerbitan korporasi ini sebagian besar dipergunakan untuk merestrukturisasi utang perusahan dengan cara mengkonversi menjadi kepemilikan saham BUMI.

Jika aksi korporasi ini terlaksana maka akan mencapai lebih dari separuh dari nilai right issue semua emiten di Bursa Efek Indonesia sepanjang 2016, yakni Rp triliun. Aksi ini juga menjadi right issue terbesar kedua setelah PT Bakrie & Brothers yang diterbitkan pada 2008 senilai Rp 40 triliun. Beberapa emiten juga akan melakukan aksi korporasi ini seperti PT Rimo International Lestari Tbk, PT Sekar Bumi Tbk, PT Red Planet Indonesia Tbk, PT Properti Tbk dan Bank Ina Perdania Tbk dengan tujuan untuk ekspansi, akuisis dan peningkatan modal.

Dalam laporan keuangan periode Januari-September 2016, BUMI mencatatkan laba US$ 73 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya mencatat kerugian US$ 628 miliar. Namun, labanya bukan dari penjualan tetapi karena menyusutnya beban utang dan keuangan serta dari pendapatan lain-lain. Adapun jumlah utang Bumi hingga triwulan III 2016 sebesar US$ 6,2 miliar atau sekitar Rp 82,6 triliun dan mencatat defisiensi modal senilai US$ 2,85 miliar.

IKLAN
TOPIK

Pasar

data terkait