Harga Daging Sapi di Aceh Lebih Mahal dari Jakarta

10 Provinsi dengan Harga Daging Kualitas I pada 18 Januari 2017

Sumber : Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, 18 Januari 2017

Disalin..

18/1/2017, 13.38 WIB

Harga daging sapi dengan kualitas 1 di Aceh masih berada di Rp 133 ribu per kilogram (Kg), menurut data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Indonesia pada 18 Januari 2017. Harga daging di Serambi Mekkah ini mengalahkan harga daging di DKI Jakarta maupun Kalimantan Selatan. Selain itu, harga daging di Aceh juga merupakan yang tertinggi dibanding harga daging sapi di provinsi lainnya.

Pemerintah belum mampu menekan harga daging sapi meskipun keran impor telah dibuka. Pada 18 Januari 2017, harga daging sapi kualitas 1 di Tanah Air masih di atas Rp 100 ribu per Kg, kecuali di Sulawesi Utara, yakni Rp 95 ribu per kg. 

Konsumen lebih memilih daging sapi lokal dibanding daging sapi impor, terutama para penjual makanan seperti pedagang bakso. Meskipun harganya lebih mahal mereka tetap memilih daging lokal. Ini salah satu alasan mengapa harga daging sapi lokal tetap tinggi di atas Rp 100 ribu per kg meskipun dilakukan operasi pasar dengan menjual daging sapi impor dengan harga lebih murah. Selain itu, stok sapi lokal juga terbatas membuat harga daging sulit turun.

data terkait