Kontribusi Infrastruktur Terhadap PDB Indonesia Termasuk Tertinggi Dunia

Ekonomi & Makro
23/12/2016 13:58 WIB
Negara dengan Kontribusi Infrastruktur Terhadap PDB Terbesar (2016)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia masuk dalam jajaran negara dengan kontribusi pembangunan infrastruktur terhadap PDB terbesar dunia. Survei yang dilakukan Arcadis, konsultan yang bergerak di bidang aset dan pembangunan asal Belanda menyebutkan kontribusi pembangunan aset atas PDB di Indonesia mencapai US$ 1,2 triliun. Jumlah itu menempatkan Indonesia di posisi enam, mengungguli Jerman yang mencatatkan kontribus US$ 1 triliun.

Cina menjadi negara yang mendapat pemasukan terbesar dari pembangunan. PDB negeri yang dipimpin Presiden Xi Jinping itu mendapat kontribusi mencapai US$ 10,4 triliun, mengalahkan Amerika Serikat yang tengah mengalami pelambatan ekonomi. Negeri Paman Sam itu membukukan pemasukan negara sebesar US$ 5,4 triliun. India berada di urutan ketiga dengan capaian US$ 3,6 triliun.

Kajian ini menyatakan banyak negara berkembang mengalami pertumbuhan yang sehat dari kontribusi infrastruktur. Sementara di sisi lain, negara ekonomi maju banyak yang mengalami kelesuan dan mengalihkan fokus ekonomi ke sektor jasa.

Data Populer
Lihat Semua