Setara Institute : Jawa Barat Paling Tidak Toleran

Demografi
08/12/2016 10:54 WIB
10 Kota Paling Intoleran di Indonesia (2015)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Jawa Barat menduduki peringkat teratas dalam intoleransi. Laporan Setara Institute 2015 menyebutkan provinsi ini meraih rekor tertinggi dalam ketidakramahan terhadap orang dengan latar belakang agama berbeda. Dalam sepuluh  kota dengan nilai toleransi terendah yang disusun Setara Institute, enam diantaranya berada di wilayah Jawa Barat.

Kota dengan intoleransi tertinggi di Indonesia adalah Bogor. Kota hujan ini mendapat skor 5,21. Selanjutnya Bekasi di urutan kedua dengan nilai 4,68. Banda Aceh dan Tangerang di posisi tiga dan empat masing-masing dengan nilai 4,58 dan 4,26. Kota lain di Jawa Barat yang dinilai tidak toleran adalah Depok, Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya.

Laporan disusun berdasarkan penilaian terhadap praktik toleransi berbagai kota di Indonesia. Pengukuran didasarkan pada enam indikator yakni Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), peraturan daerah diskriminatif, pernyataan pemerintah, dan respon pemerintah atas peristiwa. Riset ini juga melihat peristiwa pelanggaran kebebasan beragama dan komposisi penduduk berdasarkan agama sebagai indikator. Penilaian disusun dalam skala 1 hingga 7 dengan skor 1 untuk nilai paling toleran dan 7 untuk nilai paling intoleran.

Data Populer
Lihat Semua