Sektor Perdagangan Dominasi Penyaluran KUR

Penyaluran KUR Menurut Sektor Per November 2016

Sumber : Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, November 2016

Disalin..

2/12/2016, 18.55 WIB

Realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sepanjang 2016 masih didominasi oleh sektor perdagangan besar dan eceran. Data dari Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kemenko Perekonomian menyebutkan realisasi KUR perdagangan mencapai 67,7 persen. Kemudian pertanian berada di urutan kedua sebesar 16,7 persen.

Pemerintah terus mendorong penyaluran KUR ke sektor produksi bidang pangan. Serangkaian inovasi disiapkan pemerintah agar petani dan nelayan dapat mengakses skema pembiayaan ini. Per November 2016, realisasi KUR untuk pertanian baru mencapai Rp 11 triliun dan perikanan Rp 839 miliar. Jumlah itu masih di bawah sektor perdagangan yang mencapai Rp 45 triliun.

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Sebanyak 98 persen perusahaan di Indonesia merupakan UMK. Jumlah itu mampu menyumbang 57 persen terhadap PDB nasional dan menyerap 60 persen tenaga kerja. Sayangnya UMK masih menghadapi kendala akses pembiayaan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.