Peringkat TIK Indonesia Tertinggal di Asia Tenggara

Utilitas
30/11/2016 18:27 WIB
ICT Development Index Negara-Negara Asia Tenggara pada 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pembangunan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia tertinggal, baik secara global maupun regional di Asia Tenggara. Berdasarkan data Uni Telekomunikasi Internasional (ITU), ICT Development Index (IDI) Indonesia berada di posisi 115 dunia dengan skor 3,86 pada 2016 . Meski naik nilai 0,2 poin, posisi Indonesia masih tertinggal dan tetap berada di peringkat 7 di Asia Tenggara. Indonesia hanya unggul dari Kamboja, Myanmar, dan Laos. 

Meski peringkat TIK Singapura secara global turun ke posisi 20, tapi di kawasan Asia Tenggara tetap tak tertandingi. Adapun peringkat TIK Malaysia, Kamboja, dan Myanmar membukukan kenaikan. Indonesia dan Laos berada di urutan yang sama dengan tahun sebelumnya.

Peringkat TIK Vietnam juga menurun secara global, tapi negara ini menjadi salah satu saingan berat Indonesia. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, pemerintah Vietnam memberi insentif pajak dan tanah serta sangat mendukung perkembangan industri telekomunikasi negara tersebut.

Data Populer
Lihat Semua