Wahid Foundation: LGBT Kelompok Paling Tidak Disukai

Politik
28/11/2016 10:31 WIB
Kelompok-Kelompok yang Tidak Disukai Hasil dari Survei Wahid Foundation 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lesbian, gay, biseksual dan transgender/transeksual (LGBT) menjadi kelompok yang paling tidak disukai. Berdasarkan survei dari Wahid Foundation, sebanyak 26,1 persen masyarakat muslim tidak menyukai kelompok ini.

Meski hasil survei mengumumkan ketidaksukaan terhadap LGBT, Direktur Eksekutif Wahid Foundation, Yenny Wahid mengatakan bahwa kelompok tersebut merupakan mintorat yang mendapat perlindungan. Menurutnya Islam menjamin hak-hak hidup manusia termasuk mereka yang memiliki orientasi seksual, identitas dan ekspresi gender yang dianggap berbeda

Menurut riset ini ada pula tujuh kelompok lain yang paling tidak disukai selain LGBT. Mereka diantaranya adalah kelompok Komunis, Yahudi, Kristen, Syiah, Wahhabi, Budhis, dan Tionghoa. Namun mayoritas dari responden survei ini merasa tidak memiliki maslah dengan kelompok manapun.

Survei ini dilakukan kalangan penduduk bergama Islam antara minggu ke-4 Maret dan minggu ke-3 April 2016 dengan menggunakan multi-stage random sampling. Sample terdiri dari 1.520 responden di 34 provinsi di Indonesia. Perkiraan margin of error 2,6 persen dan tingkat keyakinan 95 persen.

Data Populer
Lihat Semua