Lagu Dangdut Kampungan?

Pendengar Musik Dangdut Menurut Generasi pada Triwulan III 2016

Sumber : Nielsen Indonesia, PT (The Nielsen Company), 2016

Disalin..

17/11/2016, 13.19 WIB

Beberapa kalangan menganggap bahwa lagu dangdut merupakan jenis musik rendahan dan kampungan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia memang menyukai jenis musik yang biasanya diiringan dengan alunan suara seruling dan kendang tersebut.

Dalam survei Nielsen Radio Audience Measurement (RAM) yang dilakukan pada kuartal ketiga 2016 menunjukkan bahwa alunan musik dangdut diminati pendengar radio dari lintas generasi. Generasi X atau sering disebut Gen X merupakan pendengar lagu dangdut tertinggi, yakni mencapai 41 persen dan diikuti Generasi Baby Boombers. Generasi Z yang lahir di era digital juga mendengarkan musik dangdut di radio melalui gadgetnya.

RAM merupakan survei pengukuran kependengaran radio terhadap  8.400 responden berusia 10 tahun ke atas. Nielsen melakukan survei di 11 kota di Indonesia, yakni (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin.

TOPIK

Media

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.