Intervensi BI Selamatkan Rupiah

Pasar
11/11/2016 16:52 WIB
Pergerakan Rupiah Terhadap Dolar AS 11 November 2016
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Intervensi yang dilakukan Bank Indonesia (BI) mampu menyelamatkan rupiah sehingga tidak terpuruk cukup dalam. Di transaksi pasar spot nilai tukar rupiah sempat melemah hingga di atas Rp 13.800 per dolar Amerika Serikat (AS). Namun penjagaan yang dilakukan bank sentral mampu meredam fluktuasi nilai tukar rupiah di pasar uang.

Pada transaksi 11 November 2016, berdasarkan data Bloomberg rupiah ditutup Rp 13.383 per dolar AS, atau melemah 1,86 persen dari penutupan sehari sebelumnya. Sementara di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah berada di level Rp 13.350 per dolar AS, melemah 1,77  persen dari posisi sehari sebelumnya, yaitu Rp 13.118 per dolar.

Kecemasan terhadap kebijakan presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump yang cenderung protektif kembali memantik ketidakpastian di pasar finansial global. Mata uang di kawasan pasar berkembang melemah sehingga memicu kejatuhan harga saham di bursa. Para pengelola dana keluar dari pasar finansial untuk menata ulang portofolionya menyikapi kemenangan Donald Trump agar tidak mengalami kerugian lebih dalam.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.