Kereta Tercepat di Dunia Beroperasi di Cina

Transportasi & Logistik
14/10/2016 09:05 WIB
Kereta Tercepat yang Telah Beroperasi
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Cina telah mengoperasikan kereta tercepat, Shanghai Maglev dengan laju 430 km per jam atau 267 mil per jam (mph) pada 1 Januari 2004. Kereta yang bergerak melayang di atas medan magnet ini beroperasi di jalur levutasi magnetis di Kota Shanghai. Negeri Tirai Bambu ini juga telah memiliki Harmony CRH380AA dengan kecepatan 236 mph. Kereta yang menghubungkan Shanghai dan Nanjing ini difungsikan sejak Oktober 2010.

Selain Cina, negara-negara seperti Italia, Spanyol, Jepang, dan Jerman juga telah mengoperasikan kereta cepat. Selain bebas macet, moda transportasi ini menawarkan kenyamanan dan penghematan waktu perjalanan. Dengan kereta cepat jarak ratusan mil dapat ditempuh dalam hitungan jam. Di luar fungsi utama sebagai alat angkutan umum, kereta cepat juga dimanfaatkan untuk wisata.

Rencananya, kereta cepat juga akan dioperasikan di Indonesia. Alat transportasi ini akan menghubungkan Jakarta dan Bandung dengan kecepatan maksimal 250 km/jam. Proyek kerjasama Indonesia dengan Cina ditargetkan akan beroperasi pada 2019. Menyusul kemudian akan dibangun kereta cepat Jakarta-Surabaya. 

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.