Pilkada Serentak 2017 : Belanja Pilgub Papua Barat Tertinggi di Indonesia

Politik
27/09/2016 18:03 WIB
Anggaran Pemilihan Gubernur dalam Pilkada Serentak 2017
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Papua Barat menempati urutan teratas sebagai provinsi dengan alokasi belanja penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) terbesar untuk 2017. Jumlah dana yang disetujui untuk anggaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Papua Barat mencapai Rp 506 miliar. Nilai belanja ini merupakan yang tertinggi dibanding tujuh provinsi lain atau enam kali lebih besar dibanding alokasi terendah yang dianggarkan oleh Provinsi Gorontalo senilai Rp 78 miliar.

Seperti dipublikasikan oleh Komisi Pemilihan Umum, provinsi yang akan mengadakan Pilgub serentak pada 15 Februari 2017 yakni Papua Barat, Gorontalo, DKI Jakarta, Banten, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, dan Aceh. Dana penyelenggaraan Pilgub ini telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 di masing-masing daerah. Diperkirakan pesta demokrasi rakyat ini akan membutuhkan dana sebesar Rp 1,6 triliun.

Dilihat dari perencanaan dan jumlah anggaran yang disetujui, Banten adalah provinsi dengan nilai anggaran paling banyak dipangkas. Seperti ditulis oleh KPUD, jumlah dana yang diajukan di provinsi ini mencapai Rp 299,8 miliar namun pemerintah daerah hanya menyetujui anggaran sebesar Rp 150 miliar. Sedangkan DKI Jakarta, baik KPU maupun Pemda sepakat menganggarkan dana sebesar Rp 478,4 miliar.

 

 

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.