Rencana Tol Baru di Jabodetabek Sepanjang 263 Km

Ruas Tol Baru di Jabodetabek

Sumber : Pekerjaan Umum - Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), 2016

Disalin..

21/9/2016, 08.36 WIB

Agustus 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merilis sebelas proyek jalan tol baru di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang masuk tahap perencanaan dan sebagian di antaranya sudah dalam tahap pembangunan. Penambahan jalan tol ini memiliki panjang total 263 kilometer dan rencananya akan mulai beroperasi pada 2021 mendatang.

Investasi yang diperlukan untuk proyek tol tersebut diperkirakan sebesar Rp 78 triliun. Biaya terbesar kebutuhan dana tersebut antara lain diperlukan untuk konstruksi jalan sebesar Rp 38 triliun dan pembebasan tanah sebesar Rp 14,69 triliun.

Hingga kuartal II 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencatat baru lima dari 11 proyek jalan tol Jabodetabek ini yang sudah masuk tahap konstruksi. Sedangakan pembangunan untuk proyek jalan tol dalam kota belum dimulai.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.