2017, Jatah Anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Terbesar

Ekonomi & Makro
20/09/2016 15:45 WIB
Kementerian/Lembaga dengan Anggaran Belanja Terbesar 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merupakan kementerian/lembaga negara dengan alokasi belanja tertinggi pada RAPBN 2017 sebesar Rp 105,6 triliun. Program penyelenggaraan jalan dan pengelolaan sumber daya air diproyeksikan akan memakan anggaran tertinggi senilai Rp 75 triliun. Besarnya anggaran tersebut karena pembangunan infrastuktur dan konektivitas antar wilayah untuk kepentingan umum telah menjadi kebijakan strategis pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2017.

Kementerian Pertahanan mendapat jatah anggaran terbanyak kedua dengan porsi Rp 104,4 triliun. Disusul Kepolisian dengan alokasi anggaran Rp 72,4 triliun dan Kementerian Agama sebesar Rp 60,7 triliun. Sedangkan Kementerian Kesehatan dan Pendidikan mendapat kuota masing-masing Rp 58,3 triliun dan Rp 39,8 triliun.

Selain untuk pembangunan infrastruktur, distribusi anggaran belanja negara diprioritaskan untuk memperkuat pelaksanaan program di bidang pendidikan, kesehatan, kedaulatan pangan dan energi, kemaritiman dan kelautan, serta pariwisata dan industri.

 

Data Populer
Lihat Semua