Dana Tunjangan Guru di Wonosobo Dipangkas Paling Tinggi

Ekonomi & Makro
01/09/2016 17:46 WIB
Top 10 Daerah dengan Nilai Penghentian Penyaluran Tunjangan Guru PNSD 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Keuangan menghentikan penyaluran Dana Tunjangan Profesi Guru pada Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp 23,4 triliun ke kas daerah. Daerah dengan nilai penghentian paling besar adalah Kabupaten Wonosobo senilai Rp 1 triliun, diikuti oleh Kabupaten Bekasi senilai Rp 642 miliar. Namun demikian, besarnya nilai penghentian tunjangan guru ini bukan berarti mengurangi jumlah gaji guru.

Menurut surat edaran tentang penghentian tunjangan tersebut dipaparkan bahwa keputusan penghentian merupakan bagian dari hasil rekonsiliasi data Guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Penghentian dilakukan seiring dengan temuan Kementerian Keuangan atas sisa anggaran Tunjangan Profesi Guru di rekening kas daerah sebesar Rp 19,6 triliun. Pemangkasan juga dilakukan setelah melihat revisi data jumlah guru terakhir.

Dengan adanya sisa dana kas di daerah, Kementerian Keuangan menganggap kebutuhan transfer dana tidak diperlukan lagi. Pembayaran dana tunjangan guru untuk 2016 seharusnya sudah dapat ditutup dari sisa dana 2015 tersebut.

Data Populer
Lihat Semua