Suku Bunga The Fed 2005-2015

Moneter
04/08/2016 10:29 WIB
Suku Bunga The Fed 2005-2015
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam sidang Pertemuan Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika (FOMC) Rabu (16/12), The Fed menaikkan 25 basis poin (bps) menjadi 0,5 persen. Kenaikan ini adalah yang pertama kali sejak pertengahan 2006. Dibawah kepemimpinan Janet Yallen, The Fed (bank sentral Amerika) telah mengakhiri era suku bunga rendah mendekati nol dalam tujuh tahun terakhir yang dipertahankan oleh pendahulunya Ben S. Bernanke.

Dipasar finansial global, keputusan kenaikan suku bunga The Fed tidak terlalu direspon negatif karena para investor telah mengantisipasi sebelumnya. Ada sebagian analis yang mengatakan bahwa kenaikan suku bunga ini justru merupakan sinyal positif adanya perbaikan. Rencana kenaikan suku bunga The Fed telah berhembus sejak awal tahun ini dan memunculkan ketidakpastian global.

Dengan kenaikan ini akan menjadi landasan bagi bank sentral negara-negara lain menentukan kebijakan moneternya dan para pengelola dana (fund manager) akan mengalokasikan portofolionya. Dalam jangka pendek pasti akan ada pelarian modal ke aset-aset dalam nominal dolar AS karena dianggap lebih menguntungkan berinvestasi dalam mata uang Paman Sam.

Data Populer
Lihat Semua