Data Merdeka

“INDONESIA REBOUND”



Apa itu Databoks Competition ?

Databoks Competition adalah Kompetisi literasi dan analisis data untuk akademisi dan umum dengan misi untuk mendorong antusiasme dalam mencerna data di Indonesia.

Mengusung tema "Indonesia Rebound", Databoks menunjukkan dukungan terhadap Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan pasca pandemi Covid-19. Tak hanya fokus pada sisi ekonomi, Indonesia juga dapat bangkit dari berbagai sisi baik itu sosial, pendidikan, hingga sektor tenaga kerja. Potensi dan kesiapan Indonesia pasca pandemi menjadi tema analisis data dan penulisan dalam kompetisi ini.

Hadiah


Juara 1: Rp 7.000.000

Juara 2: Rp 4.000.000

Juara 3: Rp 3.000.000

People’s Choice: Rp 1.000.000











Syarat dan Ketentuan

1. Peserta adalah individu/perseorangan yang merupakan pelajar setingkat mahasiswa atau profesional.

2. Peserta minimal berusia 17 tahun sampai dengan maksimal 30 tahun sebelum Agustus 2020 yang dapat dibuktikan melalui identitas asli seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

3. Pendaftaran peserta tidak dipungut biaya.

4. Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui situs Databoks.co.id mulai dari tanggal 22 Juni 2020 - 14 Agustus 2020.

5. Setiap Peserta hanya dapat mengirimkan maksimal 1 (satu) buah artikel untuk diikutsertakan dalam kompetisi ini. Kriteria artikel dapat dilihat pada tautan berikut: Panduan Penulisan Artikel.

6. Peserta merupakan pemilik yang sah dari artikel yang disampaikan sehingga peserta melepaskan PT Katadata Indonesia, afiliasinya dan karyawannya terhadap setiap tuntutan yang mungkin terjadi dari pihak ketiga terhadap artikel ini.

7. Peserta setuju bahwa panitia, PT Katadata Indonesia dan afiliasinya berhak atas publikasi, revisi, pengubahan artikel dengan tetap mencantumkan nama peserta sebagai penulis artikel.

8. Peserta setuju dengan mendaftarkan diri, maka Peserta telah membaca dan setuju dengan syarat dan ketentuan ini serta wajib mengikuti setiap proses kompetisi ini.

9. Peserta setuju bahwa segala bentuk pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan ini akan diberikan sanksi berupa diskualifikasi dan artikel yang telah diserahkan tidak akan diikutsertakan dalam penjurian.

10. Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat menghubungi melalui email [email protected].

1. Tim Katadata akan mereview seluruh karya yang masuk, lalu mengumumkan 100 karya terbaik sementara (semifinalis) antara tanggal 19 – 23 Agustus 2020.

2. Peserta semifinalis wajib mengikuti sesi mentoring yang akan diadakan oleh Katadata Learning Center (KLC). Sesi Mentoring akan dilakukan 1 (satu) kali melalui fasilitas pertemuan/training online pada tanggal 25 Agustus (waktu akan diumumkan kemudian).

3. Pada Sesi Mentoring, Peserta semifinalis akan mendapatkan pelatihan untuk mengolah data dan menulis artikel analisis data yang mudah dikonsumsi oleh publik.

4. Setelah mengikuti Sesi Mentoring, Peserta semifinalis berkesempatan merevisi dan menyerahkan ulang artikel yang telah diserahkan sebelumnya berdasarkan ilmu yang didapat dari Sesi Mentoring. Batas waktu penyerahan ulang artikel yang telah direvisi adalah tanggal 5 September 2020.

5. Tim Katadata akan mereview karya Peserta semifinalis yang telah direvisi dan diserahkan ulang, lalu mengumumkan 30 karya terbaik sementara (finalis) pada tanggal 11 September 2020.

6. Ke-30 karya finalis akan dinilai oleh Dewan Juri berdasarkan parameter penilaian orisinalitas, kualitas analisis, kualitas penulisan, dan visualisasi data.

7. Pada saat bersamaan, ke-30 karya finalis juga akan ditampilkan di portal Databoks (http://databoks.katadata.co.id/databoks-competition) antara tanggal 14 – 21 September 2020 untuk mendapat suara (voting) berupa “like” dari publik.

1. 3 (tiga) orang pemenang dengan kualitas artikel terbaik (Juara 1, 2, 3) akan dipilih oleh Dewan Juri.

2. 1 (satu) orang pemenang People's Choice akan ditentukan berdasarkan “like” terbanyak pada artikel yang dimuat di portal Databoks

3. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 25 September 2020 melalui microsite : http://databoks.katadata.co.id/databoks-competition

4. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5. Pajak hadiah akan ditanggung pemenang.


Panduan Penulisan Artikel

1. Artikel dibuat dengan topik “Indonesia Rebound”, yaitu bagaimana Indonesia dapat bangkit kembali lebih baik setelah pandemi COVID-19.

2. Artikel yang ditulis merupakan hasil karya original (asli) yang dibuat oleh peserta, bukan merupakan plagiarisme baik sebagian maupun seluruhnya, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau diikutsertakan dalam kompetisi manapun.

3. Artikel mengandung hasil analisis data dan menyertakan visualisasi data yang menarik. Teknik analisis dan visualisasi data yang dilakukan peserta tidak dibatasi pada teknik tertentu.

4. Peserta wajib melakukan analisis terhadap sedikitnya 2 (dua) set data yang tersedia di databoks.co.id. Diperbolehkan melakukan analisis terhadap data dari sumber terpercaya selain dari yang terdapat di databoks.co.id dengan ketentuan data yang dipakai tidak lebih banyak daripada data yang bersumber dari databoks.co.id.

5. Peserta wajib mencantumkan sumber dari seluruh data dan referensi lain yang digunakan pada artikel dan dapat dipertanggungjawabkan.

6. Penulisan artikel dilakukan secara sistematis dan logis dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

7. Panjang artikel maksimum 2.000 (dua ribu) kata, sudah meliputi semua teks yang ada dalam artikel tersebut, termasuk judul, sub judul, judul grafik atau tabel, daftar pustaka, dan lain-lain.

8. Artikel tidak boleh menyinggung kelompok atau masyarakat tertentu, tidak mengandung unsur SARA dan pornografi

9. Artikel diunggah dalam bentuk PDF dengan pada situs Databoks.co.id paling lambat pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 16.00 WIB.

10. Format penamaan artikel adalah sebagai Berikut: DataboksCompetition_Nama_ID Pendaftaran_JudulArtikel, contohnya DataboksCompetition_Joko Widodo_192384712_Bagaimana Meningkatkan Kompetensi Guru di Daerah


Parameter Penilaian

Artikel yang diserahkan akan dinilai berdasarkan empat parameter berikut:

1. Orisinalitas Keaslian dan kreativitas (ide baru atau unik) pada karya tersebut. Karya juga belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi apapun, dan tidak ada plagiarism. (Bobot penilaian: 25%)

2. Kualitas analisis: Artikel yang dibuat tidak saja berupa penjabaran tema secara umum, tapi juga mengandung hasil pemikiran kritis dan analisis yang mendalam, baik itu secara deskriptif ataupun inferensial. (Bobot penilaian: 25%)

3. Kualitas penulisan: Kesinambungan antar kata dan antar paragraf dalam membentuk tulisan merupakan hal yang penting, demikian juga penggunaan ejaan dan tata Bahasa yang sesuai dengan kaidah penulisan artikel. (Bobot penilaian: 25%)

4. Visualisasi data: Penyertaan visualisasi berupa grafik/tabel yang membantu menyampaikan pesan-pesan utama dari artikel tersebut secara jelas melalui data storytelling. Penggunaan visualisasi perlu tepat, sesuai dengan fungsinya. (Bobot penilaian: 25%)


Contoh Artikel

Berikut adalah beberapa contoh artikel yang bisa dijadikan rujukan dalam membuat karya yang akan diikutsertakan dalam Databoks Competition.

Karya diserahkan dalam bentuk PDF dengan format yang sederhana (tanpa harus ada fotografi dan tata letak professional).





Ikuti Kompetisi

Sebelum mulai mengirimkan karya, pastikan untuk menyimak lebih dulu timeline kompetisi mulai dari pengiriman hingga tahap seleksi berikut ini.



30 Peserta Terpilih

Abdul Naser Rafi'i Attamimi
Abrar Firdiansyah
Aditya Tri Raharjo
Aditya Wicaksono
Ahmad Noval
Aida Daffa Arifan
Aisyah Liyuwulandari
Ajis Said
Al Nurulloh Kahfi
Alfian Nurdiansyah
Alifah Roudhoh Chusmarsyah
Amien Fadhillah
Amira Hasan
Amrin Barata
Andreas Diga Pratama Putera
Annisa Indah Rusadi
Aprilia Ariyanti
Arie Setiawan
Audy Muhammad Lanta
Aulia Muthia
Ayu Thannia
Ayunda Putri Nilasari
Baron Putra
Bennyno Dimas
Bryan Pradinda
Budhi Fatanza Wiratama
Cmn Draw
Dayva Constantia
Denisa Cevania
Deogracia Yolanda
Dery Kurniawan
Dhani Quinn
Dhani Wicaksono
Dwi Rizqi Febriyanti
Dwita Aprilia
Eksanti Amalia Kusuma Wardhani
Emi Zulfah
Fahmil Hakim
Fajar
Fandi Muhammad Saputra
Fanny Agustin
Farouk Ayip
Fashalli Giovi
Fatkhi Rizqiyah
Fattreza Ihsan
Firdaus Cahyadi
Firman Utara
Firsta Rahadatul 'Aisy
Gabrielle Audrey
Galuh Haris Septyana
Gisela Violin
Gugun Fahruzzaman
Gulfino Guevarrato
Hanin Septina
Ika Nur Laily
Ilham Gresnaidi
Ilham Sulviano
Indra Gunawan
Iqbal Hanif
Kartika Situmorang
Kerja Bersama
Keyna Putri
Mahriani
Mira Ayu Dwi Cahyani
Miranda Paido
Moch Risqi Graha
Mohammad Ammar
Monica Stephanie
Muhamad Fikri Ramdhani
Muhammad Farhan Adriansyah
Muhammad Syamil
Muhammad syamsul
Mukhammad Junaidi
Nadia Rinda
Nadyna Andharu Wisaksana
Nicola Akmal Afrinaldi
Nurmaini Meni
Nurul Azzahra
Nuzulul Kha
Raden Annisa Puteri Kusumawardhani
Reza Bangun Mahardka
Ria Ningsih
Ridho Fernando
Rossy Dwi Anita
Saila Suhudiyah
Salim Satriajati
Salsabila Mahdi
Suberlin Sinaga
The Pacemaker
Tubagus Yusuf
Wahyu Nur Hidayatun Nisa
Wanda Listathea
Wara Widya Pangastuti
Widya Nur Adina Safitri
Wisnu Karunia Widadi
Wiwit Setyaningsih
Yasir Abdurrahman
Yazid Taufiqurrahman
Yeremia Nathannael
Yurri Nurnazila


People's Choice




Partner

Strategic Partner