thumbs

Teknologi & Telekomunikasi

Teknologi dan telekomunikasi menjadi salah satu instrumen penting dalam penciptaan nilai tambah suatu barang dan jasa. Pada abad ke 20, perkembangan teknologi telah tumbuh dengan sangat cepat dan menyebabkan volume informasi berubah drastis.

Teknologi informasi mencakup berbagai kegiatan terkait dengan penyimpanan, manupulasi dan menampilkan data yang berhubungan dengan perangkat elektronik. Teknologi dan informasi ini dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok data yakni terkait perangkat keras, jaringan telepon, kegiatan penyiaran, internet, periklanan, dan e-commerce.

Informasi statistik yang disajikan dalam bank data ini antara lain tentang aktivitas telekomunikasi seperti jaringan dan jasa telekomunikasi.  Data diperoleh dari berbagai sumber seperti hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) maupun kompilasi dari instansi terkait.

Data jaringan telekomunikasi yang disajikan meliputi keterangan tentang operator penyelenggara telekomunikasi di Indonesia, telekomunikasi dengan kabel berupa telepon tetap dan telepon umum, telekomunikasi tanpa kabel berupa telepon tetap nirkabel dan telepon bergerak seluler. Sedangkan jasa telekomunikasi meliputi informasi statistik warung telekomunikasi serta perkembangan internet di Indonesia, baik dari sisi penyelenggara maupun pengguna.