thumbs

Kelautan

Industri kelautan menyajikan data-data tentang sumber daya perikanan di Indonesia baik perikanan tangkap, maupun budidaya laut dan pantai. Halaman ini juga menampilkan data-data tentang konsumsi masyarakat, volume dan nilai ekspor impor, serta jasa-jasa disekitar lingkungan laut.

Tidak hanya itu, mengingat sektor sumber daya kelautan di Indonesia sangat potensial dan sedang menjadi fokus pemerintah, halaman ini juga menyajikan informasi tentang potensi lain terkait pariwisata bahari, jasa angkutan, perkapalan, pembiayaan sektor kemaritiman, aktivitas nelayan serta sarana pendukung lainnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pertama kali dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia berkomitmen akan memajukan sektor kelautan. Jokowi berpendapat bahwa masa depan Indonesia ada di laut, sehingga potensi kelautan harus bisa dimanfaatkan untuk kesejahtaraan masyarakat. 

Memotret ekonomi kelautan Thailand bisa menyumbang PDB hingga US$ 212 miliar atau sekitar 2.800 triliun. Padahal panjang garis pantai Thailand hanya 2.800 kilometer atau 2,8 persen dari garis pantai Indonesia yang mencapai 99.000 kilometer. Dengan kondisi 70 persen atau dua per tiga luas wilayah Indonesia adalah lautan, diyakini memiliki potensinya sangat besar untuk menjadi penggerak perekonomian nasional.