thumbs

PDB

Produk Domestik Bruto (PDB) merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara atau wilayah tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. Data ini merupakan bagian dari kelompok data ekonomi makro yang dipisahkan karena cakupan data yang sangat luas. PDB menjadi indikator penting banyak negara maupun wilayah tertentu untuk mengetahui kondisi ekonomi dalam suatu periode tertentu. Angka PDB ini disajikan dalam dua tipe, yakni PDB atas dasar harga berlaku dan lainnya PDB atas dasar harga konstan.

PDB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga pada tahun berjalan, sedang PDB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai tahun dasar. PDB menurut harga berlaku digunakan untuk mengetahui kemampuan sumber daya ekonomi, pergeseran, dan struktur ekonomi suatu negara.

Sementara itu, PDB konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi secara riil dari tahun ke tahun atau pertumbuhan ekonomi yang tidak dipengaruhi oleh faktor harga. PDB juga dapat digunakan untuk mengetahui perubahan harga dengan menghitung deflator PDB (perubahan indeks implisit). Indeks harga implisit merupakan rasio antara PDB menurut harga berlaku dan PDB menurut harga konstan. Perhitungan Produk Domestik Bruto secara konseptual menggunakan tiga macam pendekatan, yaitu: pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran dan pendekatan pendapatan.

Pada kelompok ini, data PDB yang dapat dicari meliputi PDB dalam angka nominal maupun dalam bentuk persentase. Data mencakup data-data yang bersumber dari lembaga survei maupun proyeksi dari lembaga lain.