thumbs

Bank

Industri perbankan dipisahkan dari kelompok industri keuangan karena banyaknya jumlah data serta beragamnya jumlah topik yang tersedia. Industri ini juga memiliki berbagai isu yang lebih banyak menjadi perhatian investor dan pemerintah setelah krisis moneter mendera Indonesia pada 1998. Perkembangan ekonomi Indonesia bisa dimonitor secara langsung dengan melihat pertumbuhan industri ini.

Data-data perbankan ini diupdate secara rutin setiap bulan oleh Bank Indonesia. Sejak 2014, data industri ini kini telah berpindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan institusi baru dan bertugas untuk pengawasan sektor perbankan. 

Data-data yang tersedia dalam kelompok ini yakni semua yang berkaitan dengan jenis transaksi melalui bank. Data-data tersebut antara lain aset perbankan, penyaluran kredit, jumlah nasabah bank, jumlah simpanan nasabah, besar suku bunga kredit, deposito, dan statistik perbankan lain.

Jenis transaksi keuangan lain yang dilakukan oleh lembaga keuangan non bank dipisahkan dan masuk kelompok industri keuangan (Financials). Data-data itu antara lain yang bersumber dari asuransi, dana pensiun, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan lembaga pembiayaan keuangan lainnya.