thumbs

Energi

Sektor energi merupakan kelompok data yang mengacu pada semua aktivitas atau hasil sumber daya alam yang dapat menghasilkan energi. Segala kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan energi juga masuk kelompok ini contohnya minyak, gas, batu bara, panas bumi, tenaga angin, nuklir, kelistrikan (tidak termasuk statistik pembangkit listrik karena dikelompokkan dalam industri penunjang/utilitas), serta data-data tentang bahan bakar minyak (BBM).

Data-data tentang industri pertambangan tidak masuk dalam kelompok ini. Begitu juga tentang data perdagangan sumber daya alam seperti penjualan batubara, nikel, emas, dan produk lain yang merupakan hasil tambang tidak dimasukkan disini karena masuk dalam kelompok perdagangan.

Data yang tersedia dalam kelompok ini antara lain produksi BBM, minyak bumi, produksi minyak dan gas per blok, serta data-data lain tentang minyak dan gas. 

Selain itu, data lain adalah tentang energi terbarukan yang terbagi dalam beberapa topik misalnya energi panas bumi, tenaga surya, angin, biomasa, dan nuklir.

Energi terbarukan didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat diproduksi ulang atau memiliki kelanjutan dalam kurun waktu relatif lama sehingga diasosiasikan dengan sumber energi yang tidak akan habis.