Q: Apa itu Game of Data?

A: Game of Data merupakan lomba analisis dan visualisasi data yang diadakan setiap bulan hasil kerjasama Katadata dan Data Science Indonesia. Para peserta diharapkan membuat karya berbentuk artikel tulisan yang terdiri dari analisis dan visualisasi data berdasarkan sekumpulan data (dataset) yang disiapkan oleh pihak penyelenggara.

 

Q: Apa itu dataset?

A: Dataset merupakan sekumpulan data yang terdiri dari beberapa item yang terkait maupun terpisah dan dapat diakses secara terpisah atau dalam kombinasi tertentu ataupun dapat dikelola sebagai keseluruhan entitas. Kumpulan data tersebut dapat berisi perbandingan dan / atau relasi dari dua atau lebih item, juga dapat merupakan hasil dari penelitian terhadap suatu fenomena.

 

***MEKANISME PELAKSANAAN***

 

Q: Bagaimana mekanisme pelaksanaan Game of Data?

A: Para peserta diharuskan untuk mengunduh dataset yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh pihak penyelenggara. Peserta kemudian diminta untuk mengolah data-data tersebut menjadi sebuah tulisan yang berisikan analisa dan visualisasi dari data yang digunakan. Peserta diperbolehkan untuk menggunakan data tambahan yang diambil dari situs lainnya, asalkan sumber data tambahan tersebut berasal dari sumber terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

 

***TERKAIT PERSYARATA PESERTA***

 

Q: Bagaimana kategori peserta yang boleh mendaftar?

A: Lomba ini terbuka untuk umum, tidak dibatasi oleh umum, profesi maupun jenis kelamin.

 

***PELAKSANAAN GAME OF DATA***

 

Q: Kapan pelaksanaan Game of Data?

A: Lomba analisis dan visualisasi data ini diadakan setiap bulan mulai dari bulan Mei. Setiap peserta dapat mendaftarkan dirinya dan mengirimkan karya nya melalui situs lomba pada minggu kedua hingga minggu keempat setiap bulannya. Meskipun begitu, para peserta telah dapat melakukan pendaftaran sebagai anggota di databoks.co.id sebelum masa pendaftaran lomba dimulai. Hal ini diperuntukkan pengambilan dataset yang diperlukan untuk pembuatan tulisan. Pendaftaran sebagai anggota di databoks.co.id maupun pendaftaran lomba tidak dipungut biaya sepeserpun (gratis).

 

Q: Dimana pelaksanaan Game of Data?

A: Seluruh proses lomba akan dilakukan melalui situs lomba, mulai dari pendaftaran, pengiriman karya tulisan peserta hingga pengumuman pemenang. Informasi terkait lomba tersebut juga akan disebar menggunakan media sosial yang dimiliki oleh pihak penyelenggara.

 

Q: Siapa sajakah pihak penyelenggara Game of Data?

A: Acara ini dapat terselenggara berkat kerjasama KATADATA dan Data Science Indonesia (DSI).

 

 ***MEKANISME PENDAFTARAN***

 

Q: Bagaimana cara mendaftar Game of Data?

A: Calon peserta dapat berpartisipasi dalam Game of Data dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu di halaman http://databoks.katadata.co.id/gameofdata/. Klik tombol “Registrasi” yang terletak di pojok kanan halaman website.

Screencapture Registrasi Game of Data
Screencapture Registrasi Game of Data (Katadata)
 

Calon peserta kemudian diharapkan mengisi informasi yang diminta dan klik tombol “registrasi” di bagian bawah untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Link konfirmasi pendaftaran akan dikirimkan ke email yang didaftarkan oleh calon peserta.

 

Q: Apa tahap selanjutnya setelah mendaftar Game of Data?

A: Setelah konfirmasi pendaftaran dilakukan, peserta dapat masuk ke halaman account peserta melalui tombol “Sign In” yang terletak di pojok kanan halaman http://databoks.katadata.co.id/gameofdata/.

Halaman Sign In Game of Data
Halaman Sign In Game of Data (Katadata)
 

Setelah mengisi kotak username, password dan klik tombol Log In, peserta akan diarahkan kembali ke halaman utama website Game of Data dan muncul Nama Peserta pada pojok kanan.

Halaman Sign In Game of Data 2
Halaman Sign In Game of Data 2 (Katadata)
 

Peserta dapat menklik nama tersebut untuk masuk ke halaman Account peserta. Pada halaman ini peserta dapat melihat rekomendasi dataset dan pertanyaan terkait tema kompetisi periode tersebut. Peserta juga dapat mengirimkan artikel di halaman ini pada bagian “Kirim Arikel”.

Halaman Kirim Artikel Game Of Data
Halaman Kirim Artikel Game Of Data (Katadata)

Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu (1) artikel melalui cara yang sama.

 

Q: Pada bagian peserta dapat melihat referensi dataset yang dapat dijadikan materi artikel?

A: Setelah peserta melakukan log in pada halaman utama Game of Data, peserta dapat melihat beberapa referensi dataset di bagian kanan halaman account peserta.

Halaman Dataset Game of Data
Halaman Dataset Game of Data (Katadata)
 

Peserta juga dapat melihat referensi dataset lainnya dengan men-klik tombol "Dataset Lainnya" dan "Sumber Data Lainnya" untuk melihat beberapa pilihan sumber data untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.

Peserta dapat melihat artikel pemenang datablog periode sebelumnya dengan men-klik tombol "Refrensi Artikel"

 

Referensi Data Lainnya dan Artikel
Referensi Data Lainnya dan Artikel (Katadata)

 

 ***TERKAIT HADIAH PEMENANG***

 

Q: Kapan pengumuman pemenang dilakukan?

A: Karya yang terpilih menjadi pemenang akan diumumkan melalui situs lomba dan media sosial pada minggu pertama setiap bulannya.

 

Q: Keuntungan apa yang didapatkan jika menjadi pemenang Game of Data?

A: Tiga (3) karya yang terpilih menjadi pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan rincian: pemenang juara I senilai Rp 3.000.000, - (tiga juta rupiah); pemenang juara II senilai Rp 2.000.000, - (dua juta rupiah); dan, pemenang juara III senilai Rp 1.000.000, - (satu juta rupiah). Artikel ketiga pemenang terpilih juga akan ditampilkan di Katadata pada halaman http://databoks.katadata.co.id/datablog

 

***TERKAIT TEMA PERLOMBAAN***

 

Q: Apa saja tema dari Game of Data?

A: Peserta diharapkan dapat menganalisis dan menvisualisasikan kumpulan data yang disiapkan oleh pihak penyelenggara. Lomba yang diadakan rutin setiap bulan ini akan mengangkat tema yang berbeda setiap bulannya disesuaikan dengan isu yang berkembang.

 

***MEKANISME PENYELEKSIAN/PENJURIAN***

 

Q: Bagaimana mekanisme penyeleksian/penjurian Game of Data?

A: Mekanisme penjurian terdiri dari 2 (dua) tahap:

Tahap 1: Penyeleksian 20 karya terbaik dari total karya yang masuk oleh Katadata dan Data Science Indonesia berdasarkan kriteria penilaian yang ada.

Tahap 2: Penyeleksian final 3 karya terbaik dari 20 karya terpilih oleh tim dewan juri yang diundang oleh Katadata dan Data Science Indonesia berdasarkan penilaian yang ada.

 

Q: Siapakah juri Game of Data?

A: Tim dari Data Science Indonesia, tim dari Katadata dan 2 juri undangan. Juri memiliki keterwakilan keahlian di bidang analisa, pengolahan data, dan visualisasi data.

 

Q: Apa saja kriteria penjurian?

A: Pastikan karya kamu memenuhi kriteria penjurian sebagai berikut.

 

Data 30% 

Seberapa Kompleks data yang digunakan. Teknik apa yang digunakan dalam mengumpulkan data tersebut

Insight yang Dihasilkan 30%

Apakah Insight yang dihasilkan dapat memberikan potensi dampak yang berarti, dapat ditindaklanjuti dan direplikasi

Eksekusi Pengerjaan Artikel 20%

Bagaimana kualitas kode/model yang digunakan? Bagaimana dokumentasi proyek ini

Data Strory Telling 20%

Seberapa terstruktur penyampaian materi. Seberapa tepat visualisasi data yang digunakan

 

***TERKAIT BAHAN PENDUKUNG***

 

Q: Apa yang dimaksud dengan bahan pendukung?

A: Bahan pendukung dapat berupa:

  1. Dataset yang digunakan selain dataset yang diberikan panitia.
  2. Algoritma atau script yang digunakan dalam proses pengolahan data. Algoritma ini dapat dilampirkan dalam suatu link atau github atau dalam bentuk txt document (notepad).

 

Q: Apakah peserta diperbolehkan meminta data tertentu yang belum ada pada portal Databoks untuk ditambahkan?

A: Iya diperbolehkan dengan catatan data dan sumber data tersebut dilampirkan.

 

Q: Bagaimana teknis penambahan data pada karya yang dibuat?

A: Cukup klik tombol "File" pada bagian "opsi" di daftar artikel yang telah di upload, sertakan pula link sumber data tersebut berasal.

 

Q: Apa saja yang termasuk sumber data yang dapat dipertanggung jawabkan?

A: Data yang dapat dipertanggung jawabkan merupakan data yang diambil dari beberapa situs resmi Lembaga maupun Organisasi nasional dan internasional. Sumber tersebut dapat menjamin kredibilitas dan keabsahan data-data yang dimilikinya. Contoh: BPS (https://www.bps.go.id), Kementerian (http://www.kemenkeu.go.id/http://www.bappenas.go.id/id/http://www.dikti.go.id/, dsb), World Bank (http://www.worldbank.org) dan lain-lain.