Bagaimana Progres Pembangunan Infrastruktur di Indonesia?

Utilitas
09/06/2017 10:11 WIB
Persentase Progres Infrastruktur Berdasarkan Jenis
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hingga 2017, setidaknya 13 persen proyek infrastruktur telah rampung. Tercatat 30 proyek selesai dari total 225 yang ditargetkan selesai pada 2019. Pembangunan bendungan mempunyai progres paling maju dengan 49,2 persen. Selanjutnya pembangunan bandara (33,3 persen) dan infrastruktur listrik menyusul (31 persen).

Untuk pembangunan jalan tol, dengan target 1.000 kilometer (km), saat ini baru terbangun sekitar 268 km atau sekitar 26,8 persen. Sedangkan diposisi terakhir, yaitu progres pembangunan jalur kereta api, yakni baru 15 persen. Target jalur kereta api mencapai 3.258 km, namun saat ini baru terealisasi sepanjang 487,7 km. Proyek yang belum rampung masih berada pada proses konstruksi dan proses lelang, selain itu ada juga yang masih tahap persiapan awal.

Sejak awal kepimpinan Jokowi, sektor infrastruktur memang menjadi salah satu fokus utama program pemerintah. Pemangkasan angggaran subsidi dan digantikan dengan alokasi APBN untuk pembangunan infrastruktur menjadi salah satu langkah keseriusan pemerintah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di masa mendatang. Hal ini diharapkan dapat berimbas pada kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Data Populer
Lihat Semua