Surat Utang Pemerintah Indonesia Masih Menarik

Pasar
13/04/2017 15:41 WIB
Imbal Hasil (Yield) Obligasi Negara-Negara Asia 13 April 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) Indonesia masih menarik bagi investor asing. Data dari Asiabondsonline menunjukkan bahwa imbal hasil (yield) obligasi Indonesia berada di level 7,086, tertinggi dibandingkan dengan imbal hasil obligasi negara lainnya di kawasan Asia seperti Vietnam, Filipina maupun Malaysia.

Sebenarnya imbal hasil obligasi Indonesia sepanjang tahun ini sudah turun 88,7 poin, terbesar dibanding imbal hasil obligasi negara lainnya di Asia. Namun, karena imbal hasilnya masih cukup tinggi membuat para investor asing tetap memarkirkan dananya di surat utang Indonesia. Data Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mencatat bahwa kepemilikan asing di SUN hingga 11 April 2017 mencapai Rp 725,6 triliun meningkat Rp 60 triliun atau sekitar 9 persen dari posisi 3 Januari 2017.

Ekonomi Indonesia yang tumbuh 5 persen, terkendalinya laju inflasi, serta terjaganya nilai tukar rupiah membuat imbal hasil surat utang Indonesia turun paling kencang dari imbal hasil negara lain. Jika Standard & Poor’s menaikkan peringkat utang Indonesia ke level investment grade (level investasi), tidak tertutup kemungkinan imbal hasil surat utang pemerintah akan kembali turun. Hal ini akan menguntungkan pemerintah dalam menerbitkan utang karena imbal hasil yang diminta investor juga akan turun. Sebaliknya, harga surat utang pemerintah Indoensia tentu akan menjadi lebih mahal.

Data Populer
Lihat Semua