Negara dengan Pengguna Aplikasi Ad Block Terbesar

Teknologi & Telekomunikasi
13/04/2017 10:23 WIB
11 Negara dengan Pemasangan Ad Block Terbesar dari 26 Negara yang Disurvei Reuters Institute
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Meskipun secara online telah memungkinkan para penerbit lebih banyak menjangkau konsumen dari sebelumnya, tapi bisnis media tetap penuh tantangan. Dalam laporan Reuters Institute Digital News Report 2016 menyebutkan bahwa usaha peberbitan banyak yang tergantung dari pendapatan iklan digital. Sementara konsumen usia muda yang haus akan berita justru memasang aplikasi ad block (penangkal iklan) di computer maupun ponselnya. Pengguna internet di Polandia ternyata yang paling banyak memasang penangkal iklan.

Pendapatan media dari iklan digital juga semakin menurun karena perpindahan platform ke layar smartphone (telepon pintar) yang lebih kecil. Selain itu, pasar iklan digital masih dikuasai oleh Facebook dan Google. Sebelumnya, usaha penerbitan cetak mengalami pukulan yang kuat seiring munculnya media digital. Namun, kini media digital juga mendapat ancaman yang serius dari munculnya media sosial.

Survei Reuters Institute dilakukan pada 2016 terhadap lebih dari 50 ribu responden yang tersebar di 26 negara di Eropa, Amerika, dan Asia.

Data Populer
Lihat Semua