Reuters Institute: Kawula Muda Akses Berita Lewat Medsos

Teknologi & Telekomunikasi
12/04/2017 16:34 WIB
Kecenderungan Mengakses Berita Berdasarkan Kelompok Umur dari Survei Reuters Institute 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Media sosial (Medsos) merupakan salah satu cara mengakses berita online yang makin digandrungi kawula muda. Hal ini terlihat dari riset Reuters Institute for Study of Jurnalism dengan tajuk Reuters Institute Digital News Report 2016 bahwa konsumen dengan usia muda, yakni 18-24 tahun lebih suka mencari berita melalui Medsos atau online. Munculnya smartphone (telepon) pintar membuat konsumen makin dimanjakan dengan layanan berita yang sudah dikemas dan diantarkan langsung melalui media sosial yang digunakan.

Sementara untuk konsumen yang usianya lebih tua masih banyak yang menggunakan media konvensional seperti radio, media cetak, dan televisi untuk mengakses berita. Dari grafik di bawah terlihat bahwa generasi muda makin meninggalkan media konvensional.

Riset yang dilakukan Reuters Institute ini melalui survei lebih dari 50 ribu responden yang tersebar di 26 negara di benua Eropa, Amerika, maupun Asia. Hasil survei tersebut juga menggambarkan akan kemana arah bisnis penyedia berita di tengah maraknya berita digital.

Data Populer
Lihat Semua