Media Sosial Menjadi Sumber Berita Terbesar di Yunani

Teknologi & Telekomunikasi
12/04/2017 14:18 WIB
Negara-Negara Dimana Media Sosial Menjadi Sumber Berita Terbesar
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam laporan Reuters Institute Digital News Report 2016, menunjukkan makin pentingnya media sosial sebagai sumber berita. Yunani merupakan salah satu contoh negara dimana media sosial telah menjadi sumber berita terbesar, yakni mencapai 74 persen. Di urutan kedua, Turki sebesar 73 persen dan di Brasil sebesar 72 persen. Sementara di Amerika Serikat hanya mencapai 46 persen meskipun telah mengalami kenaikan dua kali lipat dari 2013.

Di Negeri Para Dewa ini masyarakat mengakses berita terbesar dari media sosial mencapai 74 persen. Sementara dari media lainnya seperti televisi mencapai 66 persen, dan media cetak sebesar 31 persen. Facebook menjadi media sosial terpenting dalam mengakses berita di Yunani, yaitu mencapai 68 persen, diikuti Youtube 34 persen, Twitter 14 persen, serta Viber dan Google+ masing-masing delapan persen. Sebanyak 47 persen responden mengakses berita menggunakan smartphone.

Munculnya era digital seiring boomingnya telepon pintar (smartphone) telah mengubah bisnis penerbitan di seluruh dunia. Beberapa media cetak ternama terpaksa tutup karena merasa sudah tidak ada nilai keekonomiannya atau harus rela diambilalih oleh perusahaan lain untuk dapat bertahan hidup. Riset dari Reuters Institute ini dilakukan di 26 negara di Eropa, Amerika dan Asia dengan jumlah responden lebih dari 50 ribu orang.

Data Populer
Lihat Semua