Jumlah Miliarder Asal Tiongkok Salip Amerika Serikat

Demografi
10/03/2017 13:33 WIB
10 Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga riset asal Tiongkok, Hurun Report Inc merilis daftar orang terkaya di dunia dalam Hurun Global Rich List 2017. Hal yang menarik pada tahun ini, Tiongkok berhasil menyalip posisi Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan miliarder terbanyak di dunia. Tiongkok berhasil memasukkan sebanyak 609 orang superkaya dalam daftar tersebut, bertambah 41 miliarder dari tahun sebelumnya. Sementara itu, AS menempatkan sebanyak 552 orang superkaya. Gabungan orang-orang tajir kedua negara ini sudah mencapai setengah dari total miliarder dunia.

Selain Tiongkok, pada 2017 juga menjadi tahun yang positif bagi Jerman. Jerman berhasil menyalip posisi India sebagai negara dengan jumlah miliarder terbanyak ketiga. India harus turun ke posisi empat karena sebanyak 11 miliardernya keluar dari daftar orang terkaya dunia akibat demonisasi. Rusia juga mengalami penurunan akibat 12 miliarder dari negara ini tersingkir dari daftar akibat imbas deperesiasi ruble terhadap dolar AS.

Riset ini memuat 2.257 miliarder di seluruh dunia, naik 69 orang dari rekor terakhir yang pernah dicatatkan tahun sebelumnya. Total kekayaan orang terkaya sedunia ini naik 16 persen menjadi US$ 8 triliun atau setara 10,7 persen dari produk domestik bruto global.

Data Populer
Lihat Semua