Komitmen Investasi Saudi Fund US$ 1 Miliar

Ekonomi & Makro
03/03/2017 14:35 WIB
Komitmen Investasi Saudi Fund ke Indonesia 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Salah satu hasil dari kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz ke Indonesia adalah komitmen Pemerintah Arab Saudi untuk mengucurkan investasi senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,3 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak US$ 750 juta digunakan untuk pendanaan program-program pembangunan di Indonesia. Sisanya, senilai US$ 250 juta untuk pendanaan kegiatan ekspor Arab Saudi ke Indonesia, yaitu untuk produk non industri minyak.

Presiden Joko Widodo dan Raja Salman pada Rabu (3/3) menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Dalam pertemuan tersebut dihasilkan 11 kesepakatan. Presiden Jokowi berhadap akan mendapat akses kemudahan bagi produk-produk Indonesia yang berlabel halal.

Investasi Arab Saudi di Indonesia masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara lainnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, nilai investasi Arab Saudi pada 2016 hanya mencapai US$ 0,9 juta atau sekitar Rp 11,97 miliar dan berada di peringkat 57. Jauh di bawah jumlah investasi asing dari Singapura yang mencapai US$ 9,17 miliar atau setara Rp 122 triliun.

 

Data Populer
Lihat Semua