Ini Daftar Bank Pemberi Bunga KPR Terendah

Keuangan
22/02/2017 17:58 WIB
Daftar 10 Bank Umum dengan Bunga KPR Terendah (Tidak Termasuk BPD) per November 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tujuh bank swasta/asing dari sepuluh bank dengan bunga KPR terendah berani menawarkan bunga kredit pemilikan rumah (KPR) di bawah 10 persen per tahun. Bank yang mematok suku bunga KPR terendah adalah Bank Nusantara Parahyangan, yakni hanya 9,13 persen per tahun. Yang menarik, salah satu bank besar, yaitu Bank BCA masuk dalam daftar tersebut. Akibat ketatnya persaingan pasar kredit perumahan, beberapa bank rela memberi suku bunga rendah untuk mendapatkan konsumen.

Sebanyak 77,22 persen pembiayaan rumah masyarakat menggunakan fasilitas KPR dan sekitar 15,91 persen membayar tunai secara bertahap. Hanya 6,88 persen konsumen yang mampu membeli tempat tinggal secara tunai.

Berdasarkan laporan triwulanan Bank Indonesia, total penyaluran KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA) pada triwulan IV 2016 (hingga November) mencapai Rp 362,84 triliun, bertumbuh 1,9 persen dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Sementara total kredit perbankan pada periode yang sama juga bertumbuh 1,66 persen dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Tags

Data Populer
Lihat Semua