Berebut Pendukung Agus pada Putaran II Pilkada Jakarta

Politik
20/02/2017 09:33 WIB
Pemilih Agus-Sylvi pada Pilkada DKI Jakarta 15 Februari 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno akan berebut suara pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 15 Februari 2017,  jumlah pemilih pasangan Agus-Sylvi mencapai 936.609 suara.

Pendukung pasangan Agus-Sylvi terbesar berada di wilayah Jakarta Timur mencapai 309 ribu suara. Sementara pendukung Agus-Sylvi terbesar kedua berada di Jakarta Barat sebanyak 202 ribu suara. Di dua wilayah ini suara pendukung Agus-Sylvi mencapai 55 persen. Pada Pilkada putaran pertama, pasangan Ahok-Djarot unggul di empat wilayah, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu. Adapun pasangan Anies-Sandi hanya menang di dua wilayah, yakni Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum, pasangan Ahok-Djarot dengan nomor urut 2 unggul dengan suara 42,96 persen. Di posisi kedua, pasangan Anies-Sandi dengan perolehan suara 39,97 persen. Kedua pasangan ini akan kembali bersaing pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua yang dijadwalkan akan berlangsung pada 19 April 2017. Sementara pasangan Agus-Sylvi berada di urutan ketiga dengan perolehan suara 17,07 persen dan harus tersingkir dalam perebutan jabatan gubernur dan wakil gubernur periode 2017-2021.

Data Populer
Lihat Semua