2016, Kepatuhan Pelayanan Pemprov DKI Jakarta Peringkat ke-17

Politik
30/01/2017 17:16 WIB
Skor Kepatuhan Pemprov Terhadap Standar Pelayanan Publik pada 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada 2016, menurut Peringkat Pelayanan Publik yang disurvei oleh Ombudsman, Pemprov DKI berada di peringkat 17 dengan skor 74,64. Meski mengalami kenaikan skor, namun Pemprov DKI turun satu peringkat dari tahun sebelumnya yakni 61,20. Hal ini disebabkan adanya daerah lain yang melakukan perbaikan lebih efektif sehingga poinnya bertambah lebih banyak. Peringkat pertama diraih oleh Jawa Timur dengan skor 99,76 dan disusul Kalimantan Timur di peringkat kedua dengan skor 95,47.

Penilaian terhadap pemenuhan komponen standar pelayanan di 33 pemerintah provinsi (pemprov) menunjukkan bahwa sebanyak 39,39 persen atau 13 pemprov masuk dalam zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi. Angka ini masih jauh dari capaian target sasaran 2015–2019 dalam hal mendorong Kepatuhan Terhadap UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, dengan target capaian pada 2016 sebesar 70 persen. Selain itu, 39,39 persen atau 13 pemprov masuk dalam zona kuning dengan predikat kepatuhan sedang dan 21,21 persen atau 7 pemprov masuk dalam zona merah dengan predikat kepatuhan rendah.

Data Populer
Lihat Semua