LSI Denny JA: Anies-Sandi Akan Tersingkir pada Putaran Pertama

Politik
18/01/2017 16:15 WIB
Survei Elektabilitas Calon Gubernur DKI Jakarta oleh LSI Denny JA
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

 Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memperkirakan bahwa pasangan calon gubernur dan wakil gubenur Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan tersingkir pada putaran pertama Pilkada DKI pada Februari mendatang. Prediksi tersebut berdasarkan hasil survei  LSI Denny JA yang menyatakan bahwa elektabilitas Anies-Sandi hanya sebesar 21,4 persen. Adapun dua pasangan lain unggul dengan tingkat keterpilihan di atas 30 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, menyatakan bahwa ada tiga faktor yang mendukung prediksi mereka. Pertama, larinya pemilih Anies-Sandi dari kalangan menengah atas akibat pertemuan mereka dengan pemimpin Front Pembela Islam. Kedua, tidak adanya program unggulan yang dikampanyekan secara masif. Ketiga, daya tarik pasangan lain yang lebih unggul dibanding Anies-Sandi. 

Survei tersebut digelar LSI Denny JA pada 5-11 Januari 2017 dengan metode wawancara tatap muka secara acak pada 880 responden di lima daerah administratif di DKI Jakarta. Tingkat kesalahan survei yang digunakan +/- 3,4 persen. Penelitian ini diklaim menggunakan kas internal dan tak berafiliasi dengan kandidat manapun.

Data Populer
Lihat Semua