Survei GRP: Agus Unggul di 219 Kelurahan

Politik
17/01/2017 10:16 WIB
Survei Keterpilihan Calon Gubernur DKI Jakarta di Kelurahan oleh GRP pada Januari 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni menempati urutan teratas, Menurut survey dari PT Grup Riset Potensial (GRP), Agus-Sylvi unggul di 219 kelurahan di DKI Jakarta. IT dan Technical Advisor PT GRP, Farit M. Afendi, seperti yang dilansir dari kompas.com menyatakan bahwa di 194 kelurahan, pasangan nomor urut satu itu unggul di atas 10 persen.

Sementara pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat unggul di 23 kelurahan. Pada 11 kelurahan Ahok-Djarot unggul di atas 5 persen. Sedangkan di 12 kelurahan lainnya, Ahok-Djarot hanya unggul tipis dibanding Agus-Sylvi. Adapaun kandidat lain yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno tidak unggul di daerag tertentu. Pemilih mereka tersebar di kelurahan-kelurahan yang ada di DKI Jakarta

Menurut Farit, 27 kelurahan yang menjadi sampel dalam survey dianggap cukup merepresentasikan seluruh kelurahan yang ada di Jakarta. PT GRP mengelompokkan 267 kelurahan di DKI Jakarta ke dalam 27 kelompok kelurahan yang sesuai dengan kemiripan karakteristik pemilih dalam penelitian yang dilakukan pada 2-7 Januari 2017. Survei dengan 2.745 responden ini menggunakan metode stratified systematic sampling dan model statistika regresi multinominal logit dengan margin error di bawah 2 persen.

Data Populer
Lihat Semua