Usai AFF, Timnas Sepabola Indonesia Naik 8 Peringkat

Demografi
23/12/2016 13:11 WIB
Poin FIFA Negara-Negara Asia Tenggara (2016)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan rilis peringkat FIFA yang dikeluarkan 22 Desember 2016, Tim Nasional Indonesia naik 8 tingkat. Sebelumnya berada di peringkat 179 dunia, dan setelah kompetisi Piala AFF,  Indonesia berada di peringkat 171 dunia dengan poin sebanyak 120. Itu adalah kenaikan yang paling signifikan dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Bahkan, Indonesia berhasil menyalip Kamboja pada ranking FIFA di akhir 2016.

Kenaikan peringkat Tim Nasional Indonesia tak lepas dari kiprah positifnya dalam gelaran Piala AFF 2016 dimana skuat Merah Putih mampu menembus babak final. Adapun juara Piala AFF 2016, Thailand mengalami tiga kenaikan peringkat. Negara yang timnasnya dijuluki Gajah Perang itu kini berada di urutan ke 125 dengan 254 poin. Peringkat tertinggi FIFA di negara-negara kawasan Asia Tenggara masih dipegang Filipina. Namun, kegagalan di Piala AFF 2016 peringkat Filipina turun tiga level.

Pada 2016, untuk kali pertama Piala AFF mendapatkan guyuran poin internasional dari FIFA. Hal itu tak lepas dari penilaian positif FIFA terhadap gelaran turnamen ini. Piala AFF pun kini masuk dalam kategori A dalam daftar turnamen FIFA. Penghitungan berdasarkan pertandingan internasional berkategori "A" yang resmi dari kalender internasional FIFA. Poin dihitung dengan menggunakan formula yang mengacu pada hasil pertandingan, pentingnya pertandingan, kekuatan lawan, dan kekuatan konfederasi dalam 48 bulan terakhir.

Data Populer
Lihat Semua