Kabupaten/Kota di Maluku & Papua Belum Menikmati Internet Serat Optik

Utilitas
24/11/2016 09:57 WIB
Persentase Jangkauan Serat Optik di Kabupaten/Kota 2013
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam Profile Braodband 2015, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat baru 69 persen wilayah kabupaten/kota di Indonesia yang terjangkau serat optik. Papua merupakan wilayah paling minim dengan persentase nol persen. Daerah kedua dengan infrastruktur telekomunikasi di bawah rata-rata nasional adalah Sulawesi.

Untuk itulah pada September 2016, pemerintah mendorong inisiasi pembangunan Palapa Ring II paket Timur. Panjang kabel serat kaca yang akan dibentangkan mencapai 8.454 kilometer untuk menjangkau 35 kabupaten/kota. Proyek yang diperkirakan menelan dana investasi US$ 368,8 juta ini diharapkan selesai konstruksi pada 2018.

Proyek Palapa Ring merupakan ambisi pemerintah untuk menyambut perkembangan teknologi informasi yang makin maju. Secara nasional paket proyek ini diharapkan selesai pada 2019, dengan rincian infrastruktur di 457 kabupaten/kota dibangun oleh operator dan 57 kabupaten/kota yang dinilai tidak layak finansial dibangun oleh pemerintah.

Dengan ketersediaan jaringan pita lebar ini sampai ke pelosok, diharapkan kecepatan akses masyarakat bisa mencapai 20 Mbps di perkotaan dan 10 Mbps di pedesaan.

Data Populer
Lihat Semua