SMRC: 2 Tahun Jokowi, Memenuhi Kebutuhan Pokok Semakin Sulit

Politik
25/10/2016 12:51 WIB
Pemenuhan Kebutuhan Pokok Dibanding Tahun Lalu
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hampir separuh masyarakat merasa semakin berat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada Oktober 2016 menunjukkan bahwa 49 persen warga merasakan semakin sulit dalam memenuhi pokok saat ini. Namun, jumlahnya menurun dari hasil survei sebelumnya pada Juni 2016, yakni mencapai 61 persen.

Sementara masyarakat yang merasa semakin ringan dalam memenuhi kebutuhan pokok mencapai 16 persen meningkat dari hasil survei yang dilakukan sebelumnya pada Juni 2016, yaitu  hanya 9 persen. Adapun yang warga merasakan sama saja dalam memenuhi kebutuhan pokok mencapai 34 persen meningkat dari survei sebelumnya, yakni 29 persen. Namun demikian, daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok sedikit membaik dalam 10 bulan terakhir dari responden yang menjawab semakin ringan jumlahnya sedikit meningkat.

SMRC melakukan survei dengan menggunakan metode random random (multistage random sampling) dengan responden mencapai 1.220 orang dari seluruh warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih. Survei tersebut memiliki margin error rata-rata survei sekitar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Data Populer
Lihat Semua