Populi: Elektabilitas Ahok Lebih Unggul dari Anies dan Agus

Politik
07/10/2016 11:33 WIB
Tingkat Elektabilitas Pasangan Calon Pemimpin DKI dari Populi Center
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan hasil survei Populi Center tentang Pilkada DKI Jakarta 2017, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) masih lebih unggul dari pasangan lain dari sisi elektabilitas. Tingkat kelayakan pasangan petahana tersebut sebesar 45,5 persen sedangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni masing-masing hanya 23,5 persen dan 15,8. Sementara 15,2 persen pemilih masih ragu, belum memutuskan dan tidak menjawab.

Peneliti Populi Center, Nona Evita menyatakan bahwa tingkat elektabilitas pasangan petahana selaras dengan tingkat kepuasan masyarakat Jakarta terhadap kinerja mereka. Hal ini mengacu pada hasil survei yang menanyakan pertimbangan latar belakang pasangan calon gubernur yang dipilih masyarakat.

Tingkat elektabilitas ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Populi Center melalui wawancara tatap muka dengan 600 responden, di 6 wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ±4% pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Data Populer
Lihat Semua