16 Provinsi Optimis Ekonomi Kuartal III 2016 Tumbuh Lebih Baik

Ekonomi & Makro
26/09/2016 16:53 WIB
Perkiraan Indeks Tendensi Konsumen Kuartal III 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Rumah tangga di Provinsi D.I. Yogyakarta memiliki persepsi kondisi ekonomi daerah yang akan tumbuh lebih baik dibandingkan survei persepsi rumah tangga untuk kondisi ekonomi di provinsi lain. Persepsi ini tercermin dari perkiraan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) kuartal III mencapai 117,3 atau yang tertinggi di tingkat nasional.

Tingginya indeks ini menandakan bahwa rumah tangga di Yogyakarta lebih optimis pada kuartal III ini. Sebelumnya, ITK di Yogyakarta pada kuartal II adalah 108 sedangkan rata-rata nasional adalah 107,93. ITK menggambarkan bagaimana kondisi ekonomi konsumen akan berjalan sepanjang kuartal dan perkiraan pada kuartal berikutnya. Survei ini dilakukan setiap kuartal dengan jumlah responden sebanyak 14.600 rumah tangga tersebar di seluruh provinsi.

Di Indonesia, terdapat 16 daerah dengan kondisi ITK di atas rata-rata nasional sebesar 109,26. ITK yang tinggi di atas 100 menunjukkan bahwa kondisi masyarakat meningkat karena keyakinan pendapatan rumah tangga yang lebih baik dan relatif tidak terpengaruh dengan inflasi.

Data Populer
Lihat Semua