Pertumbuhan PDB Perikanan Tertinggi dalam 5 Tahun

Ekonomi & Makro
19/09/2016 13:54 WIB
Pertumbuhan PDB Perikanan dan PDB Nasional 2011-2015
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sektor perikanan di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Menurut statistik Kementerian Kelautan & Perikanan (KKP), pada 2015 pertumbuhan PDB perikanan mencatatkan angka yang tertinggi dalam lima tahun terakhir sebesar 8,37 persen. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan PDB nasional yang hanya tumbuh 4,79 persen.

Pada 2019 mendatang, KKP mentarget PDB perikanan dapat mencapai 12 persen. Bertambahnya target laju pertumbuhan ini antara lain didukung oleh penegakan aturan dibidang industri perikanan yang makin ketat. Pemerintah misalnya pada 2016 ini telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 44 tahun 2016 tentang daftar bidang usaha tertutup dan terbuka di Indonesia. Dalam aturan ini antara lain, kegiatan usaha perikanan tangkap bagi asing di Indonesia ikut dibatasi.

Dengan adanya kebijakan tersebut diyakini, akan mendorong peningkatan produksi perikanan dalam negeri. Dalam jangka panjang, industri perikanan nasional akan lebih baik dan nilai tukar nelayan akan meningkat.

Data Populer
Lihat Semua