Tujuh Kota/Kabupaten dengan IPM Tertinggi 2013

Demografi
08/08/2016 15:16 WIB
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan ada tujuh kota/ kabupaten yang memiliki level Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi pada tahun 2013. Dari tujuh daerah tersebut, Kota Yogyakarta mendapat poin tertinggi untuk IPM yakni mencapai 80,51. Kota Jakarta Selatan masuk di urutan kedua dengan IPM mencapai 80,47 lalu disusul kemudian Kota Makassar (Sulawesi Selatan) 80,17. Berikutnya ada Kota Depok (Jawa Barat) dengan nilai 80,14 dan Kota Jakarta Timur 80,07.

Dua daerah dengan nilai IPM tertinggi lainnya yakni Kabupaten Sleman (DIY Yogyakarta) dengan nilai 79,97 dan Kota Balikpapan (Kalimantan Timur) dengan nilai 79,97. Tampak bahwa daerah dengan IPM tertinggi didominasi wilayah Indonesia bagian barat. Disparitas IPM di wilayah barat dan timur Indonesia masih besar.

IPM mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Beberapa komponen pengukuran IPM di antaranya angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah, dan pengeluaran riil per kapita yang disesuaikan.

Data Populer
Lihat Semua